Makanan Khas Jawa yang Paling Terkenal

Makanan tradisional Jawa terkenal dengan cita rasa unik. Beberapa makanan memiliki rasa manis, gurih, dan dibumbui dengan bumbu rempah. Makanan khas Jawa biasanya merujuk pada makanan khas dari dua wilayah: Jawa Tengah dan Jawa Timur. Makanan khas dari kedua wilayah ini memiliki banyak makanan khas yang unik dan terkenal. Suku tentunya tidak terpengaruh oleh rasa enak. Banyak makanan khas Jawa tersebar di seluruh Indonesia dan disukai oleh orang-orang di daerah lain. Apa makanan khas Jawa yang sangat disukai di Tanah Air?

Berikut ini adalah daftar makanan khas Jawa yang ditawarkan oleh Catering Sidoarjo dan Catering Surabaya (2024).

Rujak Cingur

Makanan Khas Jawa: Rujak cingur, yang bahan pembuatannya adalah petis, sulit ditemukan di luar Jawa. Cingur sendiri berarti mulut, dan itu mengacu pada mulut atau moncong sapi atau kerbau yang telah direbus. di mana cingur adalah bahan utama hingga disebut rujak cingur. Selama bertahun-tahun, rujak cingur adalah hasil gabungan budaya dari orang Jawa, Tionghoa, Arab, dan Madura. Ini adalah makanan khas Jawa Timur yang menggabungkan dua makanan, rujak buah dan cingur, bersama dengan bumbu petis.

Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Salah satu makanan yang awet adalah gudeg, yang dimasak dengan pemanasan berulang. Dibuat dari nangka muda, gudeg bercita rasa manis dan berwarna coklat gelap dan disajikan dengan areh, sambal goreng krecek, dan makanan laut seperti tempe, tahu, telur, atau daging ayam. Menurut cerita, makanan khas Jawa ini berasal dari para prajurit Islam Mataram yang membuka hutan Mentaok, yang sekarang menjadi Kota Yogyakarta.

Tahu Campur

Nama tahu campur pasti sudah familiar bagi orang Jawa Timur. Makanan khas Jawa yang biasa dijual oleh pedagang kaki lima adalah tahu campur. Tahun memiliki rasa gurih dan manis yang unik di Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah. Ada banyak tahu campur di Lamongan, Surabaya, dan Sidoarjo. Mengandung berbagai isian, seperti sayur, lentho singkong, tahu, dan bahkan daging atau tetelan sapi, masakan ini dikenal. Makanan Jawa tradisional ini dihiasi dengan petis udang hitam sebagai bumbu kuahnya yang lezat. Ditambahkan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Soto Kudus

Soto Kudus dengan kuah bening yang enak dimakan saat hangat. Dengan isian suwiran ayam kampung, bumbunya gurih dan ringan. Sangat cocok sebagai penghangat tubuh. Itu adalah makanan khas Jawa yang disebut soto Kudus. Namanya menunjukkan bahwa makanan tradisional Jawa ini berasal dari Kudus Jawa Tengah. Anda dapat menikmati soto kuda ini secara terpisah atau bersama nasi. Itu tergantung pada selera Anda. Sate kudus biasanya disajikan dengan perkedel, tempe goreng, sate jeroan, atau sate telur puyuh.